PERHATIAN!!!

Per tanggal 1 januari 2010 segala artikel mengenai Symbian yang ada pada blog ini akan saya pindahkan ke blog Symbian Solution Partner

proses perpindahan akan diusahakan selesai dengan tempo yang sesingkat-singkatnya!
terima kasih...
| 0 comments ]

Coba tengok ke folder "media" di handphone lo. Apakah disana ada aplikasi bernama realplayer? Kalau handphone lo adalah symbian, pasti ada. Sejak pertama platform symbian dikeluarkan, realplayer sudah menjadi video player default bawaan symbian. (Nggak ada realplayer? ckckck, kasian amat. Yaudah nih download realplayer disini)
Memainkan video mpeg4 di realplayer bawaan handphone Symbian s60v3 sebenarnya bisa-bisa nggak. Hehehe, itu cuma istilah gw aja kok. Kenapa gw bilang bisa-bisa nggak? Ya, karena ada beberapa video mpeg4 yang bisa tertampil utuh, tapi ada juga beberapa video mpeg4 yang nggak bisa tertampil utuh. Maksudnya nggak utuh itu misalnya, videonya lancar tapi audio nggak keluar, atau sebaliknya. Hal ini bisa tergantung dari codec videonya. Ada beberapa video mpeg4 yang codec nya cocok dengan realplayer symbian, tapi ada juga yang nggak cocok (jangan tanya gw apa itu codec video karena gw sendiri juga nggak ngerti gimana jelasinnya... hehehe)

Mengatasi masalah ini, LonelyCatGames, application developer yang terkenal dari LCG Jukebox dan LCG X-Plore nya ini menciptakan satu codec agar realplayer default symbian dapat memainkan video mpeg4 dengan lancar. Sebagai catatan tambahan, dua produk dari LCG yang gw sebutin diatas pernah gw masukkan kedalam top 5 aplikasi symbian yang ada di hp gw. hehehe...

Codec ini dikemas dalam format sisx, sehingga dapat di install pada semua handphone yang bersistem operasi symbian s60 generasi ketiga. Silakan download codec mpeg4-nya dari sini.
langsung install seperti biasa, dan cobalah untuk memainkan video mpeg4. Gw udah tes di hp gw yang semula tidak bisa menampilkan video mpeg4 (cuma audionya aja yang keluar, videonya blank) dan sekarang hp gw bisa memainkan video mpeg4 dengan utuh.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat ya :)

0 comments

Posting Komentar

Kalau merasa tertarik dengan artikel diatas, anda bisa berlangganan artikel blog ini via Email atau via RSS untuk terus stay update dengan artikel blog ini, gratis.
Silakan tinggalkan komentar anda pada form dibawah ini. Terima kasih untuk tidak comment anonymously (gunakan Name/URL untuk post comment) dan tidak melakukan SPAM.