PERHATIAN!!!

Per tanggal 1 januari 2010 segala artikel mengenai Symbian yang ada pada blog ini akan saya pindahkan ke blog Symbian Solution Partner

proses perpindahan akan diusahakan selesai dengan tempo yang sesingkat-singkatnya!
terima kasih...
| 10 comments ]

Hehehe.. ada yang bingung dengan judulnya? Atau mungkin ada juga yang udah menganggap topic ini basi.. tapi buat gw ini masih baru.. karena baru aja gw nemuin cara ini dan baru aja gw praktekkin di Nokia E51 gw.. and it works 100%.

Fungsi dari hack ini adalah supaya kita bisa meng-install aplikasi berformat .sis ataupun .sisx yang unsigned alias belum disertifikasi, tanpa perlu di sign terlebih dulu.

Cara klasik yang biasa dilakukkan di nokia untuk menginstall aplikasi unsigned adalah dengan mengubah options "Software Installation" pada App. Manager dari posisi signed only menjadi all. Selain itu fitur "Online Sertificate Checking"-nya di off alias di nonaktifkan.

Cara ini cukup efektif, sampai hari ini saya mendapat complain dari teman saya di forum indo-onlines yang tidak bisa menginstall aplikasi unsigned di hapenya.

Saya pun menyarankannya untuk melakukkan langkah-langkah klasik seperti yang saya sebutkan diatas tadi, tapi ternyata tidak berhasil juga menginstall aplikasi tersebut. Tulisan Certificate error! terus muncul. Akhirnya saya bertanya ke dukun langganan saya, Mbah Google.. tentang masalah ini.

Ternyata kata mbah google, cara klasik yang biasa saya lakukkan diatas tsb memang efektif.. tapi hanya efektif untuk aplikasi unsigned yang "dikenal" oleh nokia. Sementara aplikasi unsigned yang "ga dikenal" sama nokia ga akan bisa di install dengan cara apapun.

Mbah google menyarankan saya untuk mensertifikasi saja aplikasi nya di symbiansigned.com, tapi menurut saya langkah ini kurang efektif. Kita diharuskan mengirimkan aplikasi tsb kepada team symbian dan akan disertifikasi oleh mereka, namun banyak sekali syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi. Selain itu belum tentu aplikasi kita akan disertifikasi oleh mereka, kalaupun iya, pasti memakan waktu berhari-hari untuk mendapatkan kembali aplikasi kita versi signed nya.

Mbah google juga memberi saya saran lain, yaitu mensertifikasi sendiri aplikasi unsigned tsb. Namun langkah-langkah yang belibet membuat saya malas.. hehehe...

Akhirnya saya pun bertanya lagi, adakah cara menginstall aplikasi unsigned tanpa harus di signed terlebih dahulu?

Mbah google pun menjawab... Ada

Yup, bersumber di suatu forum luar negri www.mmcforums.net, saya mendapatkan ilmu baru.

Untuk menginstall aplikasi unsigned apapun di hape nokia kita, kita perlu sedikit melakukkan hacking pada sistem operasi hape kita. Cara ini aman 99% selama kita mengikuti langkah-langkah yang ada dengan benar.

Here's the step by step:
Download file Drakkarious.rar disini
Ekstrak file tsb... anda akan mendapatkan file "drakkarious 2.01 fp1 & prefp1.sis"

Beralihlah ke hape anda, pertama-tama lakukkan cara klasik yang saya sebutkan diatas. Lanjutkan dengan mengganti tanggal di hape lo menjadi 15-05-2007. Kemudian transfer dan install lah file Drakkarious tsb dari PC ke hape lo. Sebenarnya file drakkarious ini akan menginstall 4 macam aplikasi ke hape lo, yaitu:
-CapsOn
-CapsOff
-HelloCarbride
-Xplore

Jika sebelumnya lo telah udah punya salah satu atau lebih aplikasi diatas, silakan di uninstall terlebih dahulu sebelum menginstall drakkarious.sis ini.

Kemudian, jangan lupa untuk memilih salah satu dari kasta hape lo pada saat penginstallan, FP1 atau PRE-FP1 (pilih salah satu yang sesuai dengan hape lo)

  • hape PRE-FP1: Nokia N77, E61i, E65, N93i, N91 8 GB, E62, E50, 5500, N93, N73, N80, N71, N92, E70, 3250 dan hape lain yang sebangsa... hehehe
  • hape FP1: Nokia E51, 6120 classic, 6220 classic, 5700, N95, N76, N82 dan hape lain yang sebangsa... hehehe
Oke lo udah punya 4 aplikasi diatas dan udah sesuai dengan Feature Pack (FP) di hape lo.. sekarang lakukkan langkah-langkah dibawah ini.
- Buka Xplore -> tools -> configuration -> beri cek list di 4 opsi yang tersedia.
- Jangan tutup Xplore nya, tekan tombol menu... buka "HelloCarbride" (Xplore nya di-play in background)
- Di HelloCarbride -> options -> Menu1 -> muncul notifikasi -> pilih "yes"
- balik ke Xplore, akan ada satu file baru di C:/Hack.rar
- ekstrak isi file hack.rar tsb menggunakan fitur extract pada Xplore ke direktori C:/sys/bin
(update: kalo folder C:/sys/bin ga keliatan, jalanin capsOff)
- setelah itu, pilih tools pada Xplore -> restart phone.
- hape akan melakukan restart, dan saat dinyalakan kembali.. hape anda akan bisa menginstall aplikasi unsigned apapun.
- jangan lupa untuk mengembalikan tanggal di hape anda ke semula.. hehehe

Untuk aplikasi CapsOff dan CapsOn hanya add-On pada Xplore untuk dapat membuka folder private, sebaiknya sih tidak usah diutak-atik kedua aplikasi ini...

OK.. itulah semua langkah-langkahnya udah gw jelasin. Semoga berhasil melakukkan dalam melakukkan hacking di hape lo sendiri... hehehe...

kalo ada yang bingung silakan komen di artikel ini, jangan di shoutbox...
Ciao~

sumber: mmcforums.net

10 comments

Anonim mengatakan... @ 27 Desember 2008 pukul 12.14

g bisa..aku pake e61i, setelah ngelakuin tahap diatas.hpku malah kerestart mulu...aku pk firmware 3..

Randa mengatakan... @ 28 Desember 2008 pukul 01.15

waduh.. kok bisa gitu ya?
bisa dijelasin ke restart nya pas lg gmn?
mungkin saya bisa coba bantu.. ^^"a

Unknown mengatakan... @ 28 Maret 2009 pukul 14.35

mas mau tanya sys/bin , bin ngak ada gimana ya ?

Randa mengatakan... @ 8 April 2009 pukul 16.44

kalau begitu buka caps off nya dulu, kalo sudah baru dibuka x-plore nya.
pas ngebuka caps off nya emang kesannya ga ada apa-apa.. tapi pas di buka x-plore nya baru keliatan semua folder2 private yg ada di dalem nya..
sorry baru reply sekarang

Anonim mengatakan... @ 6 Juni 2009 pukul 12.53

software drakkarious.sis itu cuma bisa diinstal dan melakukan hack pada beberapa HP symbians..untuk HP symbians dengn firmware terbaru tidak bisa.....

Randa mengatakan... @ 6 Juni 2009 pukul 15.54

Memang... untuk firmware terbaru tidak bisa. Kan udah ditulis diatas, ini untuk hp PRE-FP1 ato ngga FP1 aja. Kalo firmware baru sih caranya udah ada. tapi saya belom nyoba... belom ganti hp soalnya hehehe

ini kan blog based on my experience. hehe

Ade Fajli mengatakan... @ 21 Januari 2010 pukul 10.13

Boz, kLo E63 dan E71 masuk kasta yang mana tuh?
trus tolong kasih info utk yang firmware 3 donk..
thanks...

Randa mengatakan... @ 21 Januari 2010 pukul 15.51

@ade fajli
E63 dan E71 masuk ke kasta FP1, tapi belom tentu bisa dih@ck pake drakkarious. coba di cek dulu firmware nya pake *#0000# kalo versinya dibawah 31, masih bisa pake drakkarious... kalo dah diatas itu, mesti pake HelloOX..

tutor h@ck pake helloOX bisa diliat disini
http://thesymbiansolution.blogspot.com/2010/01/helloox-method.html

buat tutor drakkarious yang udah direvisi, bisa liat disini
http://thesymbiansolution.blogspot.com/2010/01/drakkarious-method.html

thanks!

Anonim mengatakan... @ 4 Agustus 2010 pukul 03.55

bos kalo nokia N78 masuk mana sih??

Peternak Hebat mengatakan... @ 24 Juli 2015 pukul 20.02

work e63 gan :D

Posting Komentar

Kalau merasa tertarik dengan artikel diatas, anda bisa berlangganan artikel blog ini via Email atau via RSS untuk terus stay update dengan artikel blog ini, gratis.
Silakan tinggalkan komentar anda pada form dibawah ini. Terima kasih untuk tidak comment anonymously (gunakan Name/URL untuk post comment) dan tidak melakukan SPAM.