PERHATIAN!!!

Per tanggal 1 januari 2010 segala artikel mengenai Symbian yang ada pada blog ini akan saya pindahkan ke blog Symbian Solution Partner

proses perpindahan akan diusahakan selesai dengan tempo yang sesingkat-singkatnya!
terima kasih...
| 1 comments ]

Nama: Haris
Email: Mustofaa******@yahoo.com
Subject: Hp restart
Message: Hai sobat,aku haris mau tanya nih.tapi sebelumnya aku mau berterima kasih atas jawabannya kemarin ya.sekarang aku mau tanya lagi nih,.,aku kan dah download opera mini 5 beta.tapi sewaktu aku pakai buat  browsing hpnya ko kadang  restart2 sendiri?kenapa y?

 Kita semua tentu sudah mengenal versi terbaru dari browser Opera Mini, yakni Opera Mini 5 Beta. Walaupun masih beta, namun versi ini sudah banyak digunakan orang sejak beberapa bulan yang lalu. Sebagian merasa puas dengan hadirnya fitur-fitur terbaru Opera Mini 5 seperti tab function, text selection, cut-copy-paste, dll. Namun sebagian lagi mengalami masalah, baik itu masalah dengan fitur, belum terbiasa dengan tampilannya, maupun masalah akibat kesalahan program pada Opera Mini 5 (Bug).

Jika terjadi kesalahan program pada Opera Mini 5 saat ini dapat dimaklumi, sebab yang Opera Mini 5 saat ini masih bersifat beta. Artinya, Opera Mini 5 ini masih belum stabil seperti versi sebelumnya (kalau ngga salah versi 4.3). Pihak pengembang masih membutuhkan feedback dari user mengenai apa yang harus ditambahkan/diperbaiki dari Opera Mini 5 ini.

Berikut adalah kumpulan permasalahan yang sering ditemui pada pengguna Opera Mini 5 beta:

1. Text editor yang serba "kurang"

Kurang leluasa dalam mengetik, jumlah karakter yang hanya sedikit, hingga kesulitan untuk berganti baris/enter pada tiap text yang di input. Hal ini tentu saja terjadi jika kita menggunakan text editing pada inline mode. Solusinya, ganti pilihan Inline editing menjadi "off" pada menu "Settings" > "Advance".


2. Bisa mengcopy, namun tidak bisa di paste


Saya sendiri pun tidak mengerti, kenapa Opera menyediakan menu copy jika tidak menyediakan menu paste (atau mungkin sudah disediakan tapi saya tidak tahu? bagi yang sudah tahu, tolong beritahu saya ya..hehehe). Yang jelas, agar bisa melakukkan copy-paste pada opera mini 5, kita harus menggunakan fitur copy-paste dari handphone kita sendiri. Pertama-tama kita harus mematikan inline editing. Caranya seperti yang sudah dijelaskan diatas. Tekan angka 1 untuk memunculkan menu "Select text", lalu seleksi text yang akan di copy. Setelah selesai, akan muncul pilihan menu "copy", "search", dan "search with..". Pilihlah "search with..". Text tsb akan muncul pada adress bar, lalu klik edit pada adress bar. Karena kita sudah mematikan inline editing, maka yang akan muncul adalah text editor biasa. Disinilah kita bisa melakukkan copy text seperti biasa (menggunakan tombol pensil atau tombol # pada Nokia ESeries).

3. Sering tertutup sendiri / hang / tiba-tiba restart
Kalau untuk masalah ini sih, saya juga angkat tangan. Soalnya ini memang murni karena bug (kesalahan program) pada versi Opera Mini 5 yang memang masih belum stabil ini. Jika anda merasa terganggu, solusinya adalah menggunakan Opera Mini versi sebelumnya yang sudah stabil. Tapi jika anda tidak merasa terganggu, silakan terus menggunakan versi beta ini sembari menunggu Opera Mini 5 versi stabil akan diluncurkan.. hehehe

Demikian permasalahan dan solusi yang saya bisa informasikan. Kalau ada yang mau menambahkan bisa lewat comment, atau email langsung ke saya melalui form email me pada navbar blog. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

1 comments

Haris mengatakan... @ 10 Desember 2009 pukul 03.26

Untuk opera mini 5 beta bisa paste kok,caranya setelah mengcopy,arahkan pointer ke addres bar atau search bar(jgn tkan edit)lalu tkan angka 1.sekarang dah ada opera mini 5 beta 2 loh..ada download managernya.!WOOOW!!Opera mini is the best mobile browser!!

Posting Komentar

Kalau merasa tertarik dengan artikel diatas, anda bisa berlangganan artikel blog ini via Email atau via RSS untuk terus stay update dengan artikel blog ini, gratis.
Silakan tinggalkan komentar anda pada form dibawah ini. Terima kasih untuk tidak comment anonymously (gunakan Name/URL untuk post comment) dan tidak melakukan SPAM.