PERHATIAN!!!

Per tanggal 1 januari 2010 segala artikel mengenai Symbian yang ada pada blog ini akan saya pindahkan ke blog Symbian Solution Partner

proses perpindahan akan diusahakan selesai dengan tempo yang sesingkat-singkatnya!
terima kasih...
| 0 comments ]

Long time no post.. hari ini akhirnya sempet juga mau ngepost..
Tadi pagi gw iseng nge-download 2 browser buat hp, pingin gw bandingin sama opera mini maksudnya. Akhirnya gw browsing di mobile9 gallery, dan ketemu lah 2 macem browser yang menarik perhatian gw. Yaitu "FireFox Mobile" dan "Skyfire"

akhirnya gw jajal satu-satu, and here's the result

1. FireFox Mobile
Pertama kali ngeliat browser ini di mobile9, sebenrnya gw udah bertanya-tanya "Firefox mobile bukannya namanya Fennec ya?"
Menjawab rasa penasaran gw itu, gw download lah browser dengan ukuran sekitar 163 kb itu. Ternyata setelah gw coba jalanin, ini BUKAN FIREFOX MOBILE. Ini adalah browser dengan nama "Tea Shark" yang udah di edit skin nya sedemikian rupa dengan memasang atribut-atribut FireFox. Ga tau maksudnya biar keren ato apa... yang jelas ini browser fail banget menurut gw.
Contohnya, pas gw switch ke landscape mode, layar nya emang berubah tapi fungsi tombol ngga berubah sama sekali. Seharusnya selama dalam landscape mode, tombol kanan berubah fungsi jadi tombol atas, tombol kiri jadi tombol bawah, tombol atas dan bawah jadi tombol kiri dan kanan. Tapi disini fungsi tombol tetap sama seperti saat normal mode.
OK, forget about landscape mode. Gw switch balik ke normal mode. Gw coba buka facebook. Lumayan cepet juga sih, tapi kompresi nya kurang maksimal. Ngga kaya opera mini. Jadi browser ini lebih memakan pulsa dibanding Opera mini. Tambah lagi, mau balik ke start page aja pake download data lagi! Ini dia nih faktor paling utama yang bikin GAGAL. Kenapa browser se-GAGAL ini disamain kaya Firefox? Ngerusak reputasi firefox aja.. hehehe

Penilaian gw untuk browser ini:
(+) loading data cepet, support pake wifi.
(-) kompres data ngga maksimal, landscape mode nya cacat, balik ke start page aja download data lagi berarti kan makan pulsa lagi?
rating (1-10): 2

2. Skyfire
Dulu gw udah pernah download browser ini, tapi yang versi original. Jadi harus beli dulu keygen nya... males kan? gw delete deh.
Tapi tadi pagi gw ketemu yang versi cracked nya di mobile9. Langsung tarikkk...!!
Install n jajal. Pertama ngebuka browser ini bakalan loading dulu, sekalian pilih access point. Dia connecting dulu, baru masuk ke start page nya. Fuh... masuk ke start page aja pake mampir dulu. Tapi harus gw akuin, tampilan start page nya emang profesional. Berkesan futuristik tapi user friendly banget. Nah, sekarang kita coba browsing. Kaya biasa, gw buka facebook. EH, tapi nggak ada landscape mode nya... yah jadi pake normal mode aja deh. (gw emang lebih suka landscape mode soalnya layar nya jadi lebih wide)
Loading buka web nya cepet, bahkan tampilan facebook nya udah sama persis kaya facebook aslinya di komputer. (oh iya sebagai catatan juga gw buka facebook versi komputer, bukan versi mobile)
Ternyata terlalu persis tampilan nya ini ngebuat gw jadi repot harus nge scroll layar ke kiri-kanan-atas-bawah untuk ngebaca teks yang panjang... beda sama di opera mini dimana teks udah di konversi sesuai ukuran layar hp, jadi ngebaca nya tinggal scroll ke atas bawah aja.
Ada fitur zoom sih, cuma kalo di zoom out sampe muat di layar, tulisannya jadi terlalu kecil.. yah sayang banget padahal tampilan udah keren. Eh tunggu, ngomong-ngomong tampilan keren gitu... makan pulsa berapa nih? Gw cek pulsa, ternyata pulsa gw udah ilang 8000 perak (tarif gprs gw Rp 1/kb) cuma buat surf facebook doang!!!! Biasa kalo pake opera mini cuma kena paling mahal 500 perak!!!

Penilaian gw untuk browser ini:
(+) loading data cepet, support wifi, user friendly, gaya futuristik, tampilan web sama kaya aslinya.
(-) teks & data ngga dikompres seukuran hp, ngga ada landscape mode, MAHAL PULSA NYA.
rating (1-10): 7

Perbandingan data yang di load untuk buka halaman depan Facebook.
Opera mini: 6 kb
Tea Shark (FireFox mobile abal-abal): 21 kb
Skyfire: 420 kb

Kapok dah gw. Biarpun speed 3 browser itu realtif sama, ternyata emang Opera mini udah mobile browser paling the best. Setidaknya sampai saat ini. Kita tunggu sampai bulan april saat Fennec, the real firefox mobile di release.

0 comments

Posting Komentar

Kalau merasa tertarik dengan artikel diatas, anda bisa berlangganan artikel blog ini via Email atau via RSS untuk terus stay update dengan artikel blog ini, gratis.
Silakan tinggalkan komentar anda pada form dibawah ini. Terima kasih untuk tidak comment anonymously (gunakan Name/URL untuk post comment) dan tidak melakukan SPAM.